Saatnya Mahasiswa Komunikasi untuk Membesarkan Bangsa

Content-02

Content-02

Kekayaan Indonesia sudah tidak diragukan lagi, semua membentang dari sabang sampai merauke. Di sisi lain masyarakat Indonesia belum mengenal lebih dalam mengenai bangsanya sendiri, objek pariwisatanya, potensi anak bangsa, keanekaragaman budaya, dan banyak hal. Berangkat dari sini CommuniNation yang mengangkat tema “The Spirit of Nationality Revolution” mengajak seluruh mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi se-Indonesia untuk bersama-sama mengekspresikan ide-ide brilian mereka dalam rangka memperkenalkan Indonesia. Rangkaian acara besar ini diprakarsai oleh Eskalator komunitas Public Relation dan Airbrand komunitas periklanan, sekaligus untuk merayakan ulang tahun perak jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang ke-25.

Event Akbar yang bertempat kota apel ini, terdiri dari beberapa rangkaian acara, seperti seminar nasional Cinta Indonesia via Social Media yang mengundang dua pembicara yaitu: Rahne Putri, salah satu admin akun twitter @anjinggombal dan Indira Abidin, managing director Fortune PR, sebuah agency PR ternama di Indonesia. Seminar ini bertujuan untuk menambah wawasan seputar perkembangan dunia digital dan bagaimana kita tetap mencintai Indonesia di tengah-tengah perkembangan teknologi informasi.

Terdapat pula kompetisi nasional Public Relation (PR Addiction) dan Advertsing (Ad.Award) yang melibatkan mahasiswa komunikasi di seluruh Indonesia. PR Addiction mengajak mahasiswa untuk memberikan gagasan cemerlang mereka dengan membuat proposal perancangan program komunikasi untuk membangun citra dan reputasi positif negara Indonesia di tengah-tengah krisis yang dihadapi oleh bangsa kita. Sedangkan untuk Ad.Award melibatkan para mahasiswa pecinta iklan untuk mengkomunikasikan ide kreatif mereka tentang Indonesia yang memiliki sejuta pesona pariwisata dan perlu dieksplore lebih dalam melalui print advertising. Para finalis Ad.Award mengikuti kegiatan workshop “How to Make Good Advertising” bersama para peserta lain, tujuannya adalah untuk membangun kesadaran tentang dunia Advertising bagi mahasiswa di Malang yang masih awam terhadap hal tersebut.

Kompetisi nasional ini diadakan dari tanggal 6 – 7 Juni 2011, dihadiri oleh para praktisi PR profesional Indira Abidin (Managing Director Fortune PR), Widi Nugroho Sahib (Head of Corporate PR Soho Group), Aqua Dwipayana (PR Consultant PORLI, PT. KAI, Jamsostek) dan juga pakar periklanan Djito Kasilo (Strategic Planing Consultan Dwi Sapta), Arif Budiman (ECD,MD petakumpet advertising network), Mufid Wahyudi (Ketua P3I Jawa Timur).

Pada malam puncak gathering dan awarding night yang diadakan pada hari Selasa tanggal 7 Juni 2011 di Hall Dome UMM ini, telah menyuguhkan pertunjukan menarik khas Indonesia. Para performers berasal dari komunitas-komunitas pemuda yang berada di Malang, seperti Komunitas Anak Kolong Indonesia, band-band indie seperti Cleotic dan Ascendio, kelompok paduan suara mahasiswa Gita Surya, teater Sinden, fashion show pakaian nusantara karya desainer asal kota Batu Hendro dan Olive yang diperagakan oleh AS models Agency, dan masih banyak lagi performance menarik lainnya.

Berikut adalah pemenang kompetisi pada acara CommuniNation.

  1. PR Addiction

-Juara I, judul program: Program Kehumasan Pengembangan Kawasan Wisata Agropolitan Kota Batu–Malang dari Universitas Indonesia

-Juara II, judul program: The Nature of Kota Batu for Us dari Universita Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

-Juara III, judul program: Gali Potensi Batu 2011 dari Universitas Padjadjaran

 

  1. Ad.Award

-Juara 1, judul karya: ADventure 2 dari Universitas Gajah Mada

-Juara 2, judul karya: Click and Share dari Universitas Gajah Mada

-Juara 3, judul karya: Journey to Denpasar dari Universitas Gajah Mada

 

Kompetisi ini tentunya akan memberikan kontribusi yang positif untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik, dan sudah saatnya para mahasiswa komunikasi menunjukkan kecintaannya dengan cara turut menyumbangkan gagasan dan ide kreatifnya untuk Indonesia jaya.