LANDASAN PPPI

1. PERSPEKTIF

PPPI mengamati dengan seksama segala perkembangan dan kecendrungan yang terjadi di bidang periklanan, baik yang menyangkut aspek-aspek internal dan nasional, maupun yang menyangkut aspek internasional.

Dalam aspek internal, PPPI menyimak telah terjadinya pendewasaan, serta kehendak yang kuat untuk melakukan modernisasi dalam tubuh asosiasi. Untuk itu, PPPI menyempurnakan segala gerak langkahnya, agar tercapai kewirausahaan, dan profesionalitas yang setinggi-tingginya, dipandu oleh etika dan moral bangsa, serta dengan visi yang jauh kedepan.

Dalam aspek nasional, PPPI merasa terpanggil untuk mengembangkan periklanan nasional menjadi suatu totalitas kegiatan komunikasi pemasaran, dan yang berpadanan dengan dinamika jaman, namun tetap berakar pada budaya dan tradisi kemasyarakatan Indonesia. PPPI mengembangkan dan memanfaatkan persaingan yang terjadi antara para anggota maupun dengan para mitra usahanya, agar persaingan tersebut justru berdampak saling menghidupi, melengkapi, atau memajukan.

PPPI senantiasa mengambil peran penting dalam peningkatan kondisi ekonomi dan sosial-budaya masyarakat, melalui dukungan komunikasi pemasaran yang maslahat, efektif dan efisien.

Dalam aspek internasional, PPPI mengamati terciptanya ancaman maupun peluang sebagai dampak dari pergeseran sentra-sentra pasar, perubahan metode-metode pemasaran, dan perkembangan teknologi komunikasi, dengan berbagai dampak dan implikasinya bagi perkembangan komunikasi pemasaran nasional.

2. VISI

PPPI menyadari dengan sepenuh hati cita-cita seluruh bangsa dan negara untuk terwujudnya tumpah darah yang berkeadilan dan kemakmuran, berdasarkan falsafah bangsa dan konstitusi negara.

Bahwa upaya mewujudkan cita-cita itu, hanya dapat tercapai melalui pranata kenegaraan yang demokratis, dalam prikehidupan kemasyarakatan yang madani, dan yang dikelola oleh pamong yang amanah.

Bahwa pranata, peri kehidupan, dan kepamongan yang sedemikian, mensyarakatkan pula tercapainya tingkat kecanggihan yang tinggi pada industri periklanan nasional.

Bahwa industri periklanan nasional yang berpadanan, dengan tuntutan kebutuhan komunikasi dan pemasaran dunia, akan senantiasa membutuhkan upaya-upaya yang aktif, positif dan kreatif, dari segenap komponennya.

3. MISI

Dalam kiprahnya,usaha periklanan akan senantiasa turut berperan melaksanakan pembangunan sesuai dengan cita-citanya dan falsafah bangsa, maupun amanat dari isi dan jiwa konstitusi negara. Karena itu segala sumber daya periklanan perlu senantiasa dibina, diarahkan dan dimanfaatkan sebagai komponen penting dari aset nasional.

Sebagai komponen dan aset nasional, periklanan harus secara aktif, positif dan kreatif, terus membuktikan dirinya sebagai pemicu dan pemacu dinamika pembangunan bangsa dan negara.

Mengantisipasi kompleksitas tantangan pembangunan nasional, khusunya yang berdimensi persaingan global, periklanan perlu terus meningkatkan profesionalitas yang berlandaskan etika serta nilai-nilai luhur bangsa, seraya senantiasa membentengi diri dan masyarakat dengan ketahanan akal budi, dan budaya.

Semua ini diyakini akan menjadi periklanan nasional berkembang sebagai kekuatan digdaya, dan yang bukan saja ikut memperoleh manfaat dari perkembangan perekonomian dunia, namun sekalipun mampu mengimbangi segala pengaruh negatif yang mungkin timbul, akibat terjadinya saling budaya.

4. FUNGSI, PERAN DAN TANGGUNG JAWAB

Memelopori ditegakkannya swakrama antara seluruh seluruh unsur periklanan nasional, atas dasar saling memajukan dan saling menghormati, demi terciptanya periklanan yang sehat, jujur dan bertanggung jawab.

Mendinamisasikan segala upaya untuk memajukan Tata Krama dan Tata Cara Periklanan Indonesia, maupun segala etika yang terkait, baik kedalam, maupun terhadap semua mitra kerjanya.

Memantapkan eksistensinya dengan menjadi asosiasi yang memberi manfaat sebesar-besarnya bagi seluruh anggotanya, serta yang mengayomi, berwibawa, dan dibanggakan.

Meningkatkan citra asosiasi dan para anggotanya, dengan senantiasa mensosialisasikan peran, fungsi dan tanggung jawab periklanan dalam perkembangan bangsa dan negara.

Membela kepentingan industri periklanan nasional dalam percaturan internasional.

Pengurus pusat PPPI